Pengikut

RSS

tomboy juga perempuan


Tomboy juga perempuan
Ribet kalau pakai kebaya.biasnya pakai topi,koq malah di suruh pakai kerudung.saya kan tomboy “,mengalir deras kata-kata itu terlontar dari salah seorang gadis di majlis.Dari gayanya,memang ‘garang’abiz.Sepatu kets,celana jeans,t-shirt gambar tengkorak,pernak-pernik yg nyentrik.Yg andai saja gadis iti di sut dari  belakang,gak ada nuansa ceweknya sama sekali.Tomboy full!! Lalu sang ustadzah yang memimpin majlis itu menjelaskan dengan anggun panjang lebar tentang bagaimana islam menjawab. Terlontarlah sekian dalil, keluarlah segenap argumentasi. Si gadis tomboy itu manggut-manggut. Tak satupun hadirin di majlis itu tau,sang ustadzah justru maboy alias mantan tomboy,yang aksinya dahulu kala ngalah-ngalahin cowok original. Maksudnya,... ya tingkahnya udah lebih jago daripada lelaki itu sendiri. Naik gunung.balapan motor,manjat tembok (wuihh...ini sih spidergirl,jelmaan spiderman),dan so pasti enggak pakeg high heels! Tapi itu dulu, lantas sekarang????Tomboy sejuta aksi,tomboi tetap syar’i. Nah,loh....caranya???
Karena tomboy ingin di mengerti
          Pada dasarnya,Islam tidak pernah membagi kategori perempuan jadi tomboy atau feminin. Islam tidak mengenal adanya dikotomisasi sikap dan gaya. Bebas mau gaya apa. Mulai dari gaya kupu-kupu sampai laba-laba,yg penting sesuai syara’. Kaidah halal-haram yg jadi patokannya,sederhana itu loh. Gak pakek ribet.
          Untuk kamu-kamu yg ogah pakek syariat dengan alesan tomboy,justru islam yang ngerti gimana mengatasi tomboy kamu. Bahwa se-tomboy apapun seorang perempuan,selincah apapun perempuan itu sehingga seperti lelaki,sesungguhnya tetaplah dia seorang perempuan. Allah tidak pernah salah cetak. Allah menciptakan makhluknya serba sepasang,laki-laki dan perempuan. Gak ada ceritanya makhluk separuh laki-laki,separuh perempuan. Kalau pun ada,keberadaan itu ilegal atau anomali.
          Sebegitu pahamnya allah, maka allah menciptakan hak dan kewajiban sesuai dengan keberadaanya. Ada aturan khusus perempuan,ada untuk laki-laki,ada juga yang sifatnya umum mencangkup keduanya. Islam mendidik kita menjadi orang yang konsiten dengan kejelasan identitas. islam mengerti bagaiman sifat tomboy ini dapat dibalut dengan taqwa. Bahwa surga bukan untuk orang yang tomboy,bukan pula untuk yang feminin. Tapi surga dengan segala nikmatnya diciptakan untuk orang yg bertakwa. Siapa itu??? Yakni orang yg melekat dalam dirinya kepatuhan,kekokohan dalam sikap dan ganas pada godaan racun dunia.
Ya,tomboy juga perempuan
          Islam mengerti,islam memberi definisi bahwa setiap yg diahirkan sebagai perempuan dengan segala cirinya adalah perempuan tulen yg di syariatkan dengan berbagai kekhususan. Islam memuliakan,agar perempuan manapun tidak akan melenceng dari kodratnya. Biar kata juga ngaku tomboy tulen,pasti dech ada sisi keanggunannya. Biar kata juga ngaku  anggun tingkat tinggi, Allah pasti mengaugerahkan nalurimemoertahankan diri ketika di ganggu. Potensi itu ada seiring dengan penciptaan manusia.
          Seorang gadis berceloteh: “aku jadi perempuan tomboy, supaya ngga ada cowok yg berani ganggu aku”. Sebagian kita mungkin ada yg berdalih seperti itu. yaelah,yg namanya ‘buaya darat’ alias lelaki jahat itu ngga pandang bulu dalam aksinya. Mau perempuan anggun kek, tomboy kek...ya selama wujudnya perempuan,pasti indah dalam pandangannya. Lalu ada lagi nih kisah si gadis cantik rupa. Suatu ketika,gadis anggun itu berjalan gemulai di trotoar dengan rambut panjangnya yang menjuntai. Indah sekali. Tapi sungguh,sebagus-bagusnya rambut  bagus justru lebih bagus kalau di tutup. Tubuh bagus, bohay... lebih amboy lagi kalau hanya di buka pada tempatnya, dihadapan orang yang pantas untuk melihat karya tuhan yan paling indah tersebut. Bukan di obral!
          Terkait pakaian, Islam sudah mengatur. Sempurna banget! Maka atas sebuah kesempurnaan, Islam memilah pakaian semourna untuk perempuan yang akan melangkahkan kaki dari rumahnya. Pakaian sempurna ini diperintahkan untuk wanita yang baik akalnya dan sudah dewasa. (Ayooo.... yang waras akalnya angkat tangan! Ayooo...yang sudah dewasa cepeta ngacung!). Nabi SAW bersabda: “sesungguhnya seorang perempuan itu, jika telah baligh (mengalami haid), tidak pantas untuk menampakkan tubuhnya, kecuali ini dan ini (sambil menunjuk muka dan telapak tangan)”
          Pakaian yang sempurna itu sendiri terdiri dari: kerudung (khimar) dan jilbab. Eitsss... jangan ketuker-tuker dunkz! Karena keduanya adalah hal yang berbeda. Jilbab yakni pakaian luar di atas baju rumah, merupakan pakaian yang terulur hingga ke bawah (irkha). Allah berfirman: “Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu,dan wanita-wanita mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka” (TQS. Al-Ahzab:59). Jilbab, sebagai pakaian keluar rumah tampak jelas dalam hadits yg dituturkan Ummu Athiyyah: “Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada kami untuk keluar (menuju lapangan) pada saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha baik perempuan tua,yang sedang haid, maupun perawan. Perempuan yg sedang haid menjauh dari kerumunan shalat tapi mereka menyaksikan kebaikan dan seruan yang ditujukan kepada kaum muslim. Aku lantas berkata: “ Ya Rasulullah SAW, salah srorang di antara kami tidak memiliki jilbab”. Beliau kemudian bersabda:  “hendaklah salah seorang saudaranya meminjamkan jilbabnya”.
          Tuh kawan.... rasul menyuruh untuk meminjamkan jilbab (pakaian luar bagian bawah)agar para sahabiyah itu ‘sah’ keluar rumah. Lalu untuk syarat ‘sah’ yang kedua, pakaian taqwa disempurnakan dengan adanya perintah memakai khimar (kerudung amoe juyub/dada). Allah SWT berfirman: “katakanlah kepada perempuan yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya’(TQS. An-Nur:31).
          So... mau yang anggun kek,yang tomboy kek,yang penting taat syariat!! Udah saatnya kita pensiun jadi GaJah. Hueehhh... apaan GaJah???? Yup GaJah alias Gadis Jahiliyah. Allah SWT sudah berjanji pada perempuan yang bertaubat dan perempuan yang sholehah untuk memberikan nikmat surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai... Subhanallah,Indahnya  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: