Pengikut

RSS

mendidik anak bermental juara


MENDIDIK ANAK BERMENTAL  JUARA
Dibawah ini merupakan gambaran umumtentang mendidik anak bermental juara,serta mengantar aqnak menuju keberhasilan, sekarang  dan yang akan datang, mari kita lakukan pembahasan singkat sbb:
1.      Keberhasilan anak di sekolah dan apa yang dibuat oleh pihak sekolah.
Kehidupan harmonis dalam rumah tangga sangat mendukung keberhasilan anak di sekolah, jadi upayakan rumah tangga berjalan harmonis. Biasakan anak suka membantu tugas-tugas dirumah, tekankan pada perilaku baik setiap hari.
2.      Upaya meningkatkan inteligensia dan memacu anak menjadi pemikir sejati.
Kita disarankan untuk menjadikan budaya membaca sejak dini, bahkan sebelum anak bisa  membaca,orang tua disarankan memprogramkan membacakan buku setiap hari. Jika anak sudah bisa membaca,bimbing cara membaca dengan membuat resume bacaan. Anak juga harus dibiasakan bereksplorasi  & bereksperimen. Sering-seringlah memberikan penghargaan jika anak berhasil dalam eksplorasi/eksperimennya,hindari menyalahkan anak jika ada kekeliruan.
Latih anak berfikir reflektif,bukan hafalan,bukan asal bisa berfikir cepat.Bimbing anak untuk berfikir positif.
3.      Menegur,Membimbing & membentuk  jiwa kepemimpinan
Jika anda memang harus menegur dan membimbing,pakailah bahasa negatif  “jangan” .
Tegurlah sambil memberi arah yg positif dan konkret.Lahirlah ia membentuk visi dari impian atau angan-angannya & latih juga agar ia cakap berorganisasi dan siap menolong orang lain.
4.      Membantu  anak menjalin persahabatan
Biarkan anak memilih sahabat mereka sendiri.Anda juga harus bisa menjadi teladan membina persahabatan yg tulus.Latihlah ia menjadi pendengar yg baik,bukan cuma ingin didengar saja.Waspadalah dengan TV,sering TV justru memiskinkan pertemanan.
5.      Memahami harga diri
Anak juga mempunyai harga diri,jadi pahami dan hargailah,jangan sekali-kali mengolok-ngolok apalagi pribadinya. Jangan menilai pribadinya, nilailah hasil kerjanya,upayanya. Berikan pujian secara terukur dan tulus dan hindari ancaman yang tidak perlu.
6.      Budaya kerja keras
Tumbuhkan asa tanggung jawab di lingkungan keluarga, budayakan kerja keras dan tahan banting, bimbing e arah kemandirian.
7.      Membawa anak menggapai kebahagiaan dan mengatasi ketakutan.
Jika anak dilanda ketakutan,dampingi ,jangan menyalahkan atau melecehkannya. Berikan keyakinan kepada anak bahwa kebahagiaan memang harus diraih, bukan didapat atau diberikan begitu saja. Untuk itu latih ia memperluas wawasan, menjalin hubungan mesra dan empatik. Latih juga agar ia mampu bertahan dusaat kesusahan dan masalah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: